Alessandro Michele Resmi Jadi Direktur Kreatif Valentino

Alessandro Michele Kreatif Valentino

KAWANPUAN.COM – Alessandro Michele resmi jadi Direktur Kreatif Valentino. Ia menggantikan posisi Pierpaolo Piccioli di Valentino.

Valentino resmi menunjuk Alessandro Michele sebagai direktur kreatif barunya. Ia menggantikan Pierpaolo Piccioli yang hengkang dari merek mewah tersebut setelah 25 tahun menduduki jabatan itu.

Mengutip WWD, Jumat (29/3/2024), Michele sebelumnya merupakan direktur kreatif Gucci yang telah meninggalkan rumah mode Italia itu pada November 2022.

WWD merupakan outlet pertama yang melaporkan Piccioli keluar dari Valentino pada Juma, 22 Maret 2024.

Kabar tersebut disampaikan seorang sumber, yang juga percaya bahwa Michele sedang menegosiasi kontrak untuk jadi pengganti Piccioli.

Michele telah memulai perannya sebagai direktur kreatif yang baru pada Selasa, 26 Maret 2024, menurut pernyataan internal. Koleksi pertamanya untuk Valentino akan tampil untuk musim semi 2025.

Sebelumnya, Michele bergabung dengan studio desain Gucci pada 2002 setelah bertugas sebagai desainer aksesori senior di Fendi. Ia ditunjuk sebagai “rekan” direktur kreatif Frida Giannini pada 2011.

Pada 2014, ia mengambil tanggung jawab tambahan sebagai direktur kreatif Richard Ginori, merek porselen yang diakuisisi Gucci pada 2013.

Michele secara resmi ditunjuk untuk menduduki peran kreatif teratas Gucci pada Januari 2015, dua hari setelah ia pertama kali menampilkan karyanya di akhir acara musim gugur pria 2015 merek tersebut. Ia dipromosikan oleh ketua dan CEO saat itu, Marco Bizzarri.

Dengan pertunjukan penting itu, desainer berusia 51 tahun itu menciptakan kembali Gucci dengan estetika yang benar-benar baru, unik, dan bias gender.

Sementara itu, koleksi serba hitam musim gugur 2024 terakhir Piccioli yang ditampilkan selama Paris Fashion Week jadi karya terbaiknya untuk Valentino.

Pada Senin, 25 Maret 2024, Valentino mengatakan mereka tidak akan mengadakan pekan mode pria dan memamerkan busana yang biasanya ditampilkan di Paris pada bulan Juni. Piccioli ditunjuk sebagai direktur kreatif tunggal Valentino pada Juli 2016.

Sebelumnya, ia bergabung membesarkan merek itu bersama Maria Grazia Chiuri. Namun. Chiuri keluar dan bergabung dengan Dior hingga sekarang.

Dalam sejarahnya, Valentino Garavani sebagai pendiri merek telah memilih para desainer untuk meningkatkan kategori aksesori mereknya pada 1999 dan berhasil meremajakan divisi tersebut.

Saat itu, Piccioli dan Chiuri dipromosikan jadi direktur kreatif untuk aksesori di Valentino setelah Garavani pensiun pada 2007.

Lalu pada 2008, keduanya menggantikan Facchinetti sebagai direktur kreatif merek tersebut. Pada Juli 2023, Kering sebagai grup brand mewah Prancis mengumumkan membeli 30 persen saham Valentino seharga 1,7 miliar euro sebagai bagian dari kemitraan strategis yang lebih luas dengan dana investasi Qatar Mayhoola, yang mengendalikan merek couture.

Kering mempunyai opsi untuk membeli 100 persen modal Valentino pada 2028, sementara Mayhoola bisa jadi pemegang saham Kering. Mitra-mitra mewah baru ini diharapkan bisa menjajaki peluang lebih lanjut yang selaras dengan strategi masing-masing, termasuk potensi investasi di luar mode.