10 Contoh Pantun Pernikahan Melayu untuk Menyambut Pengantin Pria

Pantun Pernikahan Melayu

KAWANPUAN.COM – Contoh pantun pernikahan melayu untuk menyambut pengantin pria tersedia di dalam artikel ini, Yuk simak selengkapnya.

Pernikahan merupakan salah satu momen spesial dalam hidup seseorang. Di berbagai daerah di Indonesia, pernikahan memiliki adat istiadat yang berbeda-beda, termasuk dalam penggunaan pantun.

Di Riau, pantun sering digunakan dalam berbagai acara pernikahan, termasuk saat menyambut pengantin pria.

Pantun, bentuk puisi tradisional yang kaya akan makna dan keindahan, memiliki tempat istimewa dalam budaya Melayu, terutama dalam konteks pernikahan.

Di balik kata-kata yang indah, tersimpan nilai-nilai kearifan lokal dan budaya yang mendalam. Inilah yang membuat pantun menjadi bagian tak terpisahkan dari perayaan pernikahan Melayu.

Pantun pernikahan Melayu bukan sekadar rangkaian kata-kata yang berirama, melainkan cerminan dari kekayaan budaya dan tradisi yang telah diwariskan dari generasi ke generasi.

Dalam upacara pernikahan, pantun digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan ucapan selamat, nasihat, dan harapan baik bagi pasangan pengantin.

Keunikan pantun pernikahan terletak pada keindahan bahasanya yang puitis serta kedalaman maknanya. Pantun ini juga mencerminkan tata nilai dan adat istiadat yang dijunjung tinggi dalam masyarakat Melayu. Biasanya, pantun pernikahan disampaikan oleh tetua atau tokoh adat dalam acara adat pernikahan.

Salah satu ciri khas pantun pernikahan Melayu adalah penggunaan ungkapan-ungkapan klasik yang sarat akan simbol-simbol alam dan kehidupan sehari-hari. Melalui pantun, nilai-nilai seperti kesetiaan, pengorbanan, dan cinta yang abadi tercermin dengan indahnya.

Tak hanya sebagai bagian dari upacara pernikahan, pantun pernikahan Melayu juga menjadi bagian dari hiburan dan perayaan yang menghangatkan suasana.

Pesona puitisnya sering kali mengundang senyum dan tawa di antara para hadirin, sehingga menciptakan kenangan yang tak terlupakan dalam perayaan pernikahan.

Dengan keindahan dan kearifan budayanya, pantun pernikahan Melayu tetap menjadi salah satu warisan budaya yang patut dilestarikan dan dijunjung tinggi. Di balik kata-kata yang sederhana, tersimpan nilai-nilai yang mendalam dan kecantikan tradisi yang kaya akan makna.

Kumpulan Contoh Pantun Pernikahan Melayu

Berikut 10 contoh pantun pernikahan Melayu yang bisa digunakan untuk menyambut pengantin pria sebagaimana Kawanpuan rangkum dari berbagai sumber pada, Sabtu (24/2/2024):

1. Sampan kecil muatannya penuh, Diiringi rebab dan gendang berbunyi. Datang pengantin gagah nan tampan, Disambut meriah di hari ini.

2. Bunga melati di atas dulang, Dibawa bidadari turun ke bumi. Selamat datang mempelai laki-laki yang gagah, Semoga bahagia sampai akhir nanti.

3. Air laut pasang surutnya biasa, Ikan pari berenang di tepi pantai. Hari ini hari yang istimewa, Mempelai laki-laki datang bersanding di pelaminan.

4. Kain songket indah bersulam benang emas, Dipakai pengantin di hari bahagia. Selamat datang mempelai laki-laki yang berparas rupawan, Semoga pernikahanmu langgeng dan bahagia.

5. Burung merpati terbang ke sarang, Membawa pesan cinta kasih sayang. Selamat datang mempelai laki-laki yang gagah perkasa, Semoga pernikahanmu penuh berkah dan cinta.

6. Anak ayam turun sepuluh, Mati satu tinggal sembilan. Selamat datang mempelai laki-laki yang tampan dan gagah, Semoga pernikahanmu sakinah, mawaddah, dan warahmah.

7. Pohon beringin daunnya lebat, Tempat berteduh di kala panas. Selamat datang mempelai laki-laki yang terhormat, Semoga pernikahanmu dilimpahi rahmat dan kebahagiaan.

8. Bunga mawar mekar di taman, Indah dipandang dan harum baunya. Selamat datang mempelai laki-laki yang menawan, Semoga pernikahanmu penuh cinta dan tawa.

9. Gadis Melayu berbaju kurung, Cantik jelita menawan hati. Selamat datang mempelai laki-laki yang berbudi luhur, Semoga pernikahanmu penuh cinta dan sakinah.

10. Air di kolam jernih dan bersih, Tempat ikan berenang bebas. Selamat datang mempelai laki-laki yang penuh kasih, Semoga pernikahanmu bahagia dan damai selalu.

Penggunaan pantun dalam pernikahan memberikan nuansa yang meriah dan tradisional. Selain itu, pantun juga dapat digunakan untuk menyampaikan pesan dan doa kepada pengantin.

Semoga 10 contoh pantun pernikahan Melayu di atas dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin menyambut pengantin pria dengan cara yang istimewa.